Wednesday, October 5, 2011

KENANGAN MANIS MASALALU DI WAY SEPUTIH


'Cerita ini berawal dari kesedihan seorang Bocah Tempo Dulu
dikala masa sekarang ia melihat seputih yg sangat memprihatinkan.'


Dulu ketika Aku masih kecil
ayahku sering mengajak Aku bermain,Mandi dan Mencari ikan untuk
kebutuhan makan sekeluarga.
Dulu bila Aku dan Ayahku mau nyebrang way seputih aku harus membawa
sebilah bambu atau kayu untuk menahan derasnya Air bila tak ingin
terbawa hanyut sekali pun di musim kemarau.
Tapi kini jangankan Orangtua Anak Kecil seusia kelas 2 SD pun Dapat
berlari2 menyebrangi Way seputih tanpa ada rasa takut Hanyut Karna
airnya sudah dangkal dan Surut.
Dulu jika aku berangkat mencari ikan dikala ibu mencuci beras
untuk di tanak.ketika ibu belum selesai menank nasi aku dah kembali
membawa ikan yang cukup untuk di makan
sekeluarga
Tapi kini jangankan hanya selama ibu menanak nasi seharianpun
takan mengenyangkan kami sekeluarga.
Dulu Ikan ikan besar sering menampakan diri
tapi kini jangankan ikan besar ikan kecilpun enggan menampakan diri
...................

KENAPA ? Ingintau Jawabannya ?,,,,,,,,,,,,


Air yang dulu Deras Kini jadi Surut...................
Karna Hutan Hutan dihulu way seputih sudah Pada Gundul..
Ikan Ikan yang dulu banyak dan besar besar kini Tiada.................
Karna Yang menangkapnya sudah banyak yg mempergunakan alat tak ramah
lingkungan,Racun,Setrum dan Bidamit..........


Kini banyak Anak anak yang sudah tida tau nama
nama Ikan yang dulu bermukim di Way seputih.

INGIN TAU NAMA NAMA IKAN DI WAY SEPUTIH,,,,,,,,,,?
1.Kancra
2.Julung2
3.Karali
4.Baung
5.Pelus
6.Genggehek


Aku rindu Way seputih yang dulu.........Bisakah Aku Alami dan
Ku temukan Suasana Way Seputih seperti yg
Dulu........??????????????????????????????????????????????

2 comments:

Rita said...

ikannya udah pindah ke supermarket. hehe...

selamat sudah posting tulisan pertamanya. semoga segera menemukan jawaban pertanyaan soal ikan dan menyusutnya sungai way seputih.

Moes Jum said...

Oom Jaka, kayaknya bisa lebih lagi deh jenis ikan di Way Seputih. Paling enggak pasti ada wader pari (seluang atau paray), wader biasa (ikan bilis atau beunteur), joko repo (kehkel) dsb dsb