Wednesday, May 11, 2011

Penambangan Pasir

DAS Way Seputih dari wilayah hulu hingga ke hilir terdapat beraneka potensi bahan tambang yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat terutama bahan pasir. Secara geologi daerah sungai Way Seputih terutama wilayah tengah ke hilir merupakan endapan permukaan Alluvium (campuran liat galuh dan pasir) yang memiliki kandungan pasir kuarsa dan pasir bangunan berkualitas.

Penambangan pasir di wilayah tengah hingga ke hilir sudah di lakukan sejak lama oleh Masyarakat di wilayah DAS Way Seputih. Penambangan pasir galian C memang memberikan pendapatan bagi sebagian warga yang bermata pencaharian sebagai penambang pasir dan juga mengurangi sendimen yang terjadi di sungai, namun pengelolaan yang kurang baik dalam aktivitas ini memberikan dampak negatif bagi keberlanjutan biota sungai, selain itu akibat dari aktivitas distribusi pasir, infrastruktur jalan pun menjadi buruk.

Maraknya tongkang penyedot yang dibuat oleh para penambang sebagai alat penyedot membuat dinding sempadan sungai mengalami kelongsoran. Perlu adanya pengelolaan penambangan secara terpadu agar kegiatan penambangan tidak meninggalkan dampak negativ yang besar di DAS WAy Seputih. Mengorganisir para penambang untuk merumuskan dan membangun delta soil terpadu.

1 comment:

Rita said...

kok tidak ada ceritanya nih posting?