Tuesday, May 10, 2011

Tentang DAS Way Seputih

Daerah aliran sungai (DAS) sebagai sebuah kesatuan ekosistem memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan masyarakat baik di hulu maupun di hilir. DAS Way Seputih merupakan sungai terluas ke dua di Provinsi Lampung yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Lampung Tengah yang berbatasan dengan DAS Tulang Bawang di sebelah utara dan DAS Sekampung di sebelah Selatan.

Luas DAS Way seputih 7.550 Km2, panjang seluruh sungai 965 Km dan jumlah sub-DAS atau anak cabang sungai sebanyak 14 buah. Sungai Way seputih memiliki Densiti Pola Aliran 0,13 dan frekuensi Pola Aliran 0,0019. DAS Way Seputih memiliki variasi debit air yang menunjukan terjadinya kekurangan air pada musim kemarau dan kelebihan air di musim hujan.

DAS Seputih terdiri dari 14 Sub-DAS yaitu : Way Waya, Way Gepong, Way Tipo, Way Seputih (Komering), Way Tatayan, Way ketaya, Way Lempuyang, Way Pengubuan, Way Terusan, Way Punggur, Way Talang Waya, Way Raman, Way Batang Hari dan Way Pegadungan. Das Way Seputih berhulu di wilayah Register 39 Kota Agung Utara. DAS Way Seputih memiliki peranan penting pada sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan di Kabupaten Lampung Tengah.


No comments: